Kamis, 07 Mei 2020



MAKALAH SEJARAH PERKEMBANGAN DAN KOMPUTER PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Komputer Pembelajaran
Dosen Pengampu: M. Luqman Hakim, S.Pd., M.Pd.

Kelas 2F ( Kelompok 1 )
Disusun Oleh:
1.      Robi’atul Adawiyah    (190611100211)
2.      Siti Maysaroh              (190611100213)
3.      Vady Nisa Anugrah    (190611100222)
4.      Ainun Safitri                (190611100229)
5.      Irgi Achmad Naufal    (190611100230)
6.      Ahmad Walid Hujairi  (190611100235)

PROGRAM STUDI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
APRIL 2020


DAFTAR ISI



BAB I

PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

Perkembangan teknologi di dunia ini yang sangat pesat sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi ini mengakibatkan berkembangnya ilmu pengetahuan yang memiliki dampak positif maupun negatif. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat disediakan oleh sekolah, dan tidak menutup kemungkinan bahwa alat-alat yang digunakan tersebut sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman.
Guru dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pengajaran yang akan digunakannya apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru harus memiliki pengetahuan dan pemahamaan yang cukup tentang media pengajaran. Dari beberapa model pembelajaran, ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model pembelajaran berbasis komputer . Pada dasarnya, pembelajaran berbasis komputer adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks teknologi.
Melalui sistem komputer kegiatan pembelajaran dilakukan secara tuntas (mastery learning), maka guru dapat melatih siswa secara terus menerus sampai mencapai ketuntasan dalam belajar. Latihan yang diberikan guru dimaksudkan untuk melatih keterampilan siswa dalam berinteraksi dengan materi pelajaran dengan menggunakan komputer terutama dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan. Dalam latihan, siswa dibiasakan untuk menggunakan komputer seoptimal mungkin dan membentuk kebiasaan yang dapat memperkuat daya tanggap siswa terhadap materi pelajaran yang diterimanya. hal ini dikarenakan dengan melalui pembelajaran berbasis komputer, siswa akan secara cepat dapat memperoleh penguasaan dan keterampilan yang diharapkan.

B.     RUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimana sejarah perkembangan komputer ?
2.      Bagaimana aplikasi komputer di dunia pendidikan ?
3.      Bagaimana komputer pembelajaran di Sekolah Dasar ?

C.    TUJUAN

1.      Untuk mengetahui sejarah perkembangan komputer.
2.      Untuk mengetahui aplikasi komputer di dunia pendidikan.
3.      Untuk mengetahui komputer pembelajaran di Sekolah Dasar.


BAB II

PEMBAHASAN


A.    Sejarah Perkembangan Komputer

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer adalah sistem elektronik untuk manipulasi data dengan cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar secara otomatis menerima dan menyimpan data input. Memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan di memori (stored program). Hamacher, Vranesic, & Zaky (dalam Wimatra dkk, 2008:8) mengatakan bahwa komputer didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi berdasarkan penjelasan para ahli diatas maka komputer merupakan seperangkat alat elektronik yang sengaja dibuat dan dikembangkan berdasarkan kebutuhan untuk mempermudah pekerjaan manusia.
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematika biasa.
Sejarah perkembangan komputer dimulai pada kurang lebih 5000 tahun lalu di Cina yang berupa alat hitung yang dinamakan sebagai berikut :

1.      Abakus 


Abakus atau dikenal dengan istilah “Komputer Otomatis Pertama” dan masih digunakan hingga sekarang. Abakus juga dipercaya sebagai awal mula mesin komputer. Abakus berupa bijian geser yang diatur dalam sebuah rak. Digunakan untuk melakukan perhitungan perdagangan. Seiring degan hadirnya kertas dan alat tulis menulis di eropa, abakus mulai kurang populer.

2.       Pascaline


Pada tahun 1642, Blaise Pascal yang baru berumur 19 tahun menemukan apa yang disebut Kalkulator Roda Numerik (numerical Wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukakn perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan dinamakan Pascaline, menggunakan 8 roda putar bergigi untuk menjumlahkan bilangan hingga 8 digit. Alat ini merupakan perhitungan berbasis 10 (desimal). Kelemahan alat ini hanya terbatas pada penjumlahan saja.    

3.      Analytical Engine

Awal mula komputer sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Ingris Charles Babbage di tahun 1822. Dia memperhatikan kesesuaian antara mesin mekanik dan matematika: mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil.
Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Ia kemudian terinspirasi untuk memulai membuat komputer general purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine dan didanai oleh pemerintah Ingris.
Mesin ini direncanakan akan digerakan dengan tenaga uap dan benar-benar otomatis. Akan tetapi proyek ini menjadi semakin sulit dikerjakan dan memerlukan biaya yang sangat banyak. Sepuluh tahun kemudian proyek ini belum juga selesai dan dananya habis. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insyinyur jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Tahun 1943, pihak Ingris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insyinyur Havard yang bekerja sama dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator eletronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentan kabel sepanjang 500 mil. The Havard-IBM automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai eletronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Berikut muncul generasi komputer pertama hingga ke lima, yaitu :

1.      Komputer generasi pertama

a.       ENIACE (Electronic Numerical Integrator And Computer)



Komputer ‘raksasa’ berikutnya adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik soldier, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW dan menempati ruangan lebih 167 m2. Komputer ini dirancang oleh John Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907_1980) di University Of Pensylvania, ENIAC merupakan komputer sebarguna (general purpose computer) yang bekerja lebih cepat dibandingkan MarkI. ENIAC bekerja dengan menggunakan punched card  dari IBM.
b.        Edvac (Electronic Discrete Variable Automatic Computer)




EDVAC merupakan kelanjutan dari ENIAC. Eckret dan Mauchly secara resmi mempublikasikannya pada tahun 1947. EDVAC dirancang sebagai komputer serbaguna, dapat digunakan untuk berbagai tujuan. Komputer ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pada Laboratorium Riset Balistik milik departemen pertahanan Amerika Serikat. Aplikasi yang dapat diselesaikan adalah perhitungan besar sudut rudal balistik sehingga rudal tepat mengenai sasaran. Program sepenuhnya disimpan dalam memori komputer. Ide pembangunan EDVAC tidak terlepas dari konsep dasar komputer modern Dr. John Von Neumann dalam “A very high-speed automatic digital computing system, and in particular with its logical control”.

c.       UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)


Pada akhir tahun tahun 1950, komputer bukan lagi merupakan mesin yang hanya di produksi oleh pemerintah dan universitas. Eckert dan Mauchly meninggalkan University Of Pennsylvania karena perdebatan tentang siapa yang memiliki hak paten atas inovasi mereka. Mereka membuat perusahaan sendiri dan memproduksi UNIVAC (Universal Automatic Computer) merupakan komputer komersial pertama yang di produksi secara masal atau dikenal dengan istilah komputer generasi pertama. UNIVAC  juga merupakan computer pertama yang menggunakan pita magnetik.

Komputer-komputer generasi pertama ditandai dengan:

1.      Intruksi yang dibuat hanya untuk satu tugas tertentu saja.
2.  Setiap computer memiliki bahasa mesin yang berbeda sehingga komputer lebih sulit   diprogram.
3.     Teknologi Tube Vakum yang berukuran besar membuat computer generasi juga memiliki ukuran yang eksta besar.
4.      Pengguna pita magnetik.

2.      Komputer Generasi Kedua

Pada awal 1969-an, mulai bermunculan komputer yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transitor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, system operasi, dan program. Beberapa bahasa pemograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemograman Common Bussines-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa computer generasi kedua ini.

1)      DEC PDP-1 (Digital Equipment Corporation Programmable Data Processor-1)


DEC adalah perusahaan yang didirikan oleh Ken Olson dan Harlan Anderson pada tahun 1957. PDP-1 adalah mesin 18-bit yang pertama dibangun oleh DEC. Komputer interaktif berukuran kecil. Mesin ini dikenalkan oleh DEC pada tahun 1960 sebagai komputer komersial. Komponen-komponen dasar PDP-1 adalah:
a)      Pemrosesan pusat terdiri dari bagian kendali, elemen aritmatik, pengalamatan memori dan register.
b)      Sistem memori memiliki kapasitas sampai 4096 word (1 word = 18 bit) dan dapat diperluas sampai 65536 word.
c)      Piranti input-output: monitor CRT berdiameter 16 inci dengan 1024 x 1024 titik, light pen danparallel drum.

2)      UNIVAC III


UNIVAC III diperkenalkan pada tahun 1962. Mesin ini merupakan pengembangan dari UNIVAC I dan UNIVAC II. Memorinya dibuat sebagai tumpukan 29 balok dari 4096 core. Bagian pemroses pusat memiliki 15 register indeks. Sistem operasi yang digunakan untuk mengatur sistem dikenal dengan nama CHIEF atau BOSS. UNIVAC III sistem bisa memiliki hingga 32 tape drive.

3.      Komputer Generasi Ketiga

a.        IBM S/360


Komputer IBM S/360 adalah sebuah mainframe yang dibuat pada tahun 1964 dengan menggunakan IC sebagai teknologi dasar rangkaiannya. IBM S/360 merupakan awal komputer modern. Nama IBM S/360 digunakan karena kemampuannya melakukan operasi satu lingkaran penuh (360 derajat) yaitu dapat digunakan untuk berbagi aplikasi bisnis maupun teknik.

b.       PDP-11


              Kemajuan computer generasi kedua generasi kedua membuat para ahli semakin inovativ untuk mengembangkan komputer. Pada tahun 1958 munculah computer generasi ketiga yang memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengoordinasi memori komputer.

4.      Komputer Generasi Keempat

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC (Integrated Circuit ) dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Komputer-komputer ini, yang disebut mini computer dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet.
Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada computer rumahan yang lebih canggih dan dapat deprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Compter (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan.  



Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan kedalam tas (laptop), atau bahkan computer yang  dapat digenggam (palmtop).

1.      Komputer Generasi Kelima

Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Jukakitakenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan computer generasi keempat.
Komputer generasi kelima (1982-sekarang) sudah mulai muncul di era modern saat ini, dan perkembangan terus bertambah canggih dengan kehandalan performa dari komputer yang semakin meningkat. Aplikasi komputer generasi ini adalah pengambilan keputusan langsung oleh komputer, pengolahan data yang tersebar langsung kerumah-rumah, serta system informasi berukuran raksasa. Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Intergration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor di antaranya adalah: Intel Corpration, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Di pasaran bias kita lihat adanya microprocessor dengan intel model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Selain itu pada generasi ini juga ditemukan World Wide Web (www) oleh Tim burners-Lee dan juga sudah dimulai penggunaan browser. Pada saat ini sudah ada berbagai browser di antaranya Netscape Navigator, Explorer, Opera, Mozilla, dan lain sebagainya.

A.    Aplikasi Komputer Di Dunia Pendidikan

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat, sejak lama telah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan misalnya komputer, mesin cetak, televisi, radio, dsb. Pada hakikatnya alat-alat tersebut tidak dibuat khusu untuk keperluan pendidikan, akan tetapi alat-alat tersebut ternyata dapat dimanfaatkan dalam proses pendidikan, bahkan alat-alat tersebut dapat meningkatkan efektivitas dan efisien pelaksanaan proses pendidikan.
            Selain alat-alat tersebut, yang pada umumnya tidak dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan, terdapat pula alat-alat yang secara khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan. Alat-alat tersebut dalam teknologi pendidikan lebih dikenal sebagai perangkat keras atau “Hardware”. Alat-alat tersebut besar manfaatnya dalam dunia pendidikan, tetapi bukan merupakan inti atau hakikat teknologi pendidikan. Alat-alat tersebut tidak mengandung arti pendidikan akan tetapi bermanfaat apabila dikaitkan dengan suatu program pendidikan.
            Program pendidikan ini lazimnya disebut “software”. Menurut Nasution (1995) yang menjadi inti dari teknologi pendidikan adalah programnya “software” yang harus disusun menurut prinsip-prinsip tertentu. Dengan demikian, teknologi pendidikan tidak dapat diselenggarakan tanpa alat-alat teknologi modern seperti dikemukakan diatas, karena alat-alat teknologi tersebut adalah komponen utama dari teknologi pendidikan.
            AECT (Association for Educational Communication and Technology) mengemukakan definisi teknologi pendidikan, Teknologi pendidikan adalah suatu proses yang komplek dan terpadu dengan melibatkan peralatan, ide, prosedur, orang dan organisasi untuk menganalisis permasalahan, melakukan problem solving, melakukan evaluasi serta mengelola pemecahan masalah yang berkaitan dengan semua aspek belajar manusia.
            Berdaasarkan definisi yang telah dikemukakan diatas Teknologi Pendidikan menururt AECT (2008), mengandung beberapa kata kunci, yaitu: Study (studi) merupakan pemahaman teoritis yang diperlukan dalam praktek teknologi pendidikan untuk konstruksi dan perbaikan pengetahuan melalui penelitian dan refleksi praktek pembelajaran. Etichal Practice (etika praktek) mengacu pada standar etika praktis sebagaimana yang didefinisikan olek Komite Etika AECT tentang apa saja yang harus dilakukan oleh praktisi Teknologi Pendidikan. Fasilitating (fasilitasi) hadir sebagai akibat adanya pergeseran paradigma pembelajaran yang memberikan peran dan tanggung jawab lebih besar kepada peserta didik, sehingga peran teknologi pendidikan berubah menjadi pemfasilitasi. Learning (pembelajaran) selain berkenaan dengan ingatan juga berkenaan dengan pemahaman. Tugas pembelajaran dapat dikategorikan berdasarkan pada taksonomi.
            Perkembangan dunia teknologi, informasi dan komunikasi yang sangat pesat ini juga direspon  oleh kementrian pendidikan sebagai bagian dari proses pendidikan. Dalam sistem pendidikan formal pemerintah  menghadirkan TIK sebagai mata pelajaran pada jenjang pendidikan menengah, sedangkan pada jenjang pendidikan dasar, TIK dihadirkan dalam muatan lokal. Hal ini didasari oleh  pandangan bahwa teknologi akan menguasai dunia pada masa depan. Sebagai lembaga pemerintah, dinas pendidikan membekali siswa dengan pendidikan TIK agar dapat mencetak generasi masa depan yang siap menghadapi dunia teknologi tersebut.
Penggunaan teknologi berbasis komputer merupakan cara yang efisiensi untuk menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunkan sumber-sumber yang berbasis komputer ,dimana informasi atau materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan. Berbagai jenis aplikasi teknologi komputer yang digunakan dalam Pendidikan umumnya dikenal dengan istilah “Computer Assisted Instruction (CAI)” atau pembelajaran berbantuan computer (PBK)”. Dalam pembelajaran berbantuan komputer, peserta didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara computer dengan peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang dialami oleh seorang peserta didik yang lainnya.
            Komputer dapat dimanfaatkan secara luas dalam dunia Pendidikan. Menurut hannafin dan peck (hamzahB.Uno, 2010: 136) potensi media Komputer yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran antara lain:
1.      Memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara peserta didik dan materi pelajaran.
2.      Proses belajar dapat berlangsung secara individual sesuai dengan kemampuan belajar peserta didik.
3.      Mampumenampilkanunsur audio visual untuk meningkatkan minat belajar (multimedia).
4.      Dapat meberikan umpan balik terhadap respons peserta didik dengan segera.
5.      Mampu menciptakan proses belajar secara berkesinambungan.     

Selain memiliki keistimewaan, pembelajaran berbantuan komputer menurut Nasution (1994) mempunyai sejumlah keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut :
1.      Komputer dapat membantu peserta didik dari guru dalam pembelajaran, karena computer itu, “sabar, cermat, mempunyai ingatan yang sempurna”. Komputer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer.
2.      Pembelajaran berbantuan computer memiliki banyak kemampuan yang dapat dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau mereproduksi grafik, gambar dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia siapapun.
3.      Pembelajaran berbantuan computer sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan perancang pengajaran atau penyusun kurikulum.
4.      Pembelajaran berbantuan computer dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Apabila computer tidak dapat menjawab pertanyaan peserta didik dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Ada kalanya Komputer dapat member jawaban yang tak dapat dengan segera dijawab oleh guru.

Berdasarkan penjelasan para ahli diatas tentang manfaat komputer, secara umum dapat kita simpulkan manfaat computer dalam pendidikan, yaitu :
1.      Pendidikan dapat memiliki variasi mengajar dengan menggunakan komputer. Menurut Sudjana dan Rivai (1989:82) ada beberapa model pembelajaran dengan komputer yaitu model latihan dan praktik (drill and practice), model tutorial (tutorials), model penemuan (problem solving), model simulasi (simulations), dan model permainan (game). Model pembelajaran ini dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran agar pembelajaran lebih menarik sehingga dapat membantu peserta didik untuk mengembangkan pengetahuan mereka.
2.      Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dengan kreatif melalui computer karena computer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, gambar, dan lainnya.
3.      Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terang sang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi. Siswa dapat menentukan jenis atau arah pendidikan yang mana yang bermanfaat baginya untuk meningkatkan kualitas pendidikannya.
4.      Komputer adalah media atau alat bantu untuk memudahkan pekerjaaan. Akan tetapi, kunci terciptanya kualitas pendidikan yang baik adalah dari dalam diri pengguna computer tersebut baik pendidik maupun peserta didik. Tanpa adanya kemauan dan ketekunan dari peserta didik, untuk belajar computer hanya akan menjadi benda mati atau pajangan yang tidak memiliki manfaat.
Melalui pembelajaran berbantuan komputer maka guru mendapatkan peranan baru dalam proses pembelajaran. Dalam mengembangkan model pembelajaran berbantuan komputer, maka guru harus bekerjasama dengan para ahli lain yang bertalian dengan komputer dalam memprogram pembelajaran. Pembelajaran berbantuan komputer tentu menurut guru memiliki kompetesi dalam mengoperasionalkan komputer. Hal ini juga dimaksudkan agar guru dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis computer dalam pembelajaran, maka diperlukan keterampilan dari pihak guru serta sikap positif terhadap kemajuan tersebut.

B.     Komputer Pembelajaran Di Sekolah Dasar

            Mata pelajaran Teknologi, Informasi dan Komunikasi dijadikan mata pelajaran wajib disekolah menengah dan muatan lokal pada jenjang sekolah dasar. Mata pelajaran teknologi, informasi dan komunkasi masuk dalam muatan kurikulum 2004. Mata pelajaran TIK ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan mata pelajaran lainnya. Pada umumnya mata pelajaran yang ada disekolah serat dengan teori sains, matematika, dan sosial, sedangkan mata pelajaran teknolgi, informasi dan komunikasi berkaitan erat dengan informasi mengenai teknologi. Depdiknas (2006:715) menyebutkan ruang lingkup mata pelajaran teknologi, informasi dan komunikasi meliputi beberapa aspek yaitu:
1.      Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpulkan, menyimpan, memanipulasi, dan menyajikan informasi.
2.      Penggunaan alat bantu untuk memproses dan memindah data dari satu perangkat ke perangkat lainnya.
Setiap mata pelajaran memiliki tujuan masing-masin, begitu juga dengan mata pelajaran TIK. Mata pelajaran TIK bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut :
1.      Pada aspek kognitif, dapat mengetahui, mengenal, atau memahami teknologi, infomasi dan komunikasi. Meningkatkan pengetahuan dan minat peserta didik pada teknologi, serta meningkatkan kemampuan berpikir ilmiah sekaligus persiapan untuk pendidikan, pekerjaan, dan peran masyarakat pada masa yang akan datang.
2.      Pada aspekafektif, dapat bersikap kritis, kreatif, apresiatif, dan mandiri dalam penggunaan teknologi, informasi dan komunikasi.
3.      Pada aspek psikomotorik, dapat terampil memanfaatkan teknologi, informasi dan komunikasi untuk proses pembelajaran dan dalam kehidupan sehari-hari. Membentuk kemampuan dan minat peserta didik terhadap teknologi.
Pembahasan tentang teknologi, informasi dan komunikasi tidak akan lepas dari perkembangan yang sedemikian pesat. Produk teknologi yang hari ini dirasa canggih, tentu akan segera tertutup dengan produk teknologi yang akan ada dimasa depan.
Hal ini merupakan cita positif dari manusia yang selalu ingin berubah, kearah yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan adanya Pendidikan teknologi, informasi dan komunikasi yang baik maka peran teknologi dapat diharapkan berdampak positif pada generasi yang akan datang sebagai bagian dari proses penyampaian informasi dan komunikasi.  
Pada tingkat sekolah dasar komputer pembelajaran terdapat pada mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Adapun  materi pembelajaran komputer sekolah dasar yang harus didapatkan mulai dari kelas 1-6. Meliputi :
1.      Kelas I
a.       Pengenalan perangkat keras komputer.
b.      Pengenalan fungsi keyboard.
c.       Pengenalan program secara sederhana.
d.      Menggunakan program sederhana (memilih dan mewarnai gambar).
2.      Kelas II
a.       Pengenalan teknologi di sekitar.
b.      Menggunakan komputer untuk menggambar kreatif.
3.       Kelas III
a.       Pengenalan program pengolah gambar (paint).
b.      Demostrasi ikon paint.
c.       Menggambar kreatif dengan paint.
4.      Kelas IV
a.       Pengenalan perangkat lunak (software) pengolah kata.
b.      Demonstrasi penggunaan ikon-ikon pengolah kata.
c.       Membuat dokument teks secara kreatif.
d.      Memadu teks, gambar, dan tabel.
5.      Kelas V
a.       Pengenalan software pengolah kata (MS Word).
b.      Menggunakan MS Word untuk membuat dokumen.
c.       Memadu gambar, teks, dan tabel menggunakan MS Word.
6.      Kelas VI
a.       Keterampilan menggunakan MS Word.
b.      Memadukan teks, gambar, tabel menggunakan MS Word.
c.       Mengenal multi media dan virus komputer.


BAB III

PENUTUP


A.    Kesimpulan

Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu mengalami perubahan dan peningkatan. Pada era saat ini dimana semua sudah mulai canggi. Dalam dunia pendidika, komputer sangatlah berperan. Oleh karena itu pada jenjang sekolah dasar sudah diberi pelajaran tersebut agar dimasa mendatang tidak ketinggal. Komputer ini sangat diperlukan mulai dari bidang pendidikan, bisnis, dan lain sebaginnya.

B.     Saran

Pembelajaran komputer pada sekolah dasar sebaiknya peserta didik tidak hanya memperoleh materi tetapi praktik secara langsung.
   



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © BLOG PENDIDIKAN -